10 Gejala Penyakit Diabetes Yang Patut Diwaspadai

gejala diabetes

Diabetes adalah penyakit kadar gula dalam darah karena gangguan metabolisme tubuh, dimana pankreas tidak bisa memproduksi insulin.

Glukosa adalah sumber energi untuk tubuh. Glukosa terdapat dari 2 sumber yaitu makanan dan hati. Kandungan gula dalam kedua sumber tersebut akan diserap kedalam darah dengan bantuan insulin. Dan sedangkan insulin dihasilkan oleh pankreas.

Dan hati sebagai gudang makanan ketika anda tidak makan, hati menyimpan cadangan makanan sebagai energi dalam beberapa saat, dan hati akan menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah tetap stabil.

Gejala-gejala Terjadinya Diabetes :

diabetes

diabetes

1. Berat Badan Turun Tanpa Sebab

Turunnya berat badan biasanya dikarenakan perubahan pola makan yang tidak teratur, perubahan kegiatan yang lebih padat dari biasanya, atau bisa karena baru sembuh dari sakit. Turunnya berat badan dalam kasus diabetes dikarenakan glukosa dalam tubuh tidak berfungsi semestinya, sehingga membuat timbunan lemak dalam tubuh berubah menjadi energi, gejala ini biasanya termasuk gejala diabetes tipe 1.

2. Lebih Cepat Haus

Penderita diabetes lebih cepat mengalami rasa haus dikarena aktivasi ginjal lebih banyak membuang glukosa dalam darah, sehingga menarik banyak cairan pada tubuh. Hal ini membuat penderita lebih cepat mengalami dehidrasi. Walau terlihat wajar ketika seseorang melakukan aktifitas diluar rumah dengan kegiatan dibawah terik matahari, tapi bila anda lebih banyak diam, tetapi masih saja mengalami haus dan dehidrasi, hal ini patut dicurigai karena kemungkinan gejala diabetes sedang menyerang anda.

3. Sering Buang Air Kecil

Pembuangan glukosa dalam darah akan membuat anda lebih sering membuang air kecil. Terlebih jika anda biasanya tidak banyak buang air kecil, walau minum air banyak.

4. Penglihatan Melemah

Hal ini karena kadar glukosa yang tinggi mengakibatkan pandangan kabur walau bersifat sementara. Terjadinya penumpukan glukosa disekitar lensa mata membuat penglihatan sering kabur.

5. Mengalami Perubahan Kulit Menjadi Lebih Gelap

Bintik-bintik gelap muncul disekitar leher, salah satu ciri penderita diabetes. Hal ini karena tubuh merespon insulin menjadi bintik-bintik gelap di sebagian tubuh.

6. Sering Lapar

sering lapar

sering lapar

Tubuh tidak menggunakan gula sebagai energy, melainkan menggunakan glukosa dalam tubuh. Sehingga sering terjadi lapar, hal ini patut dicurigai bila anda tidak melakukan aktivitas berat tetapi rasa lapar berangsur lebih parah.

7. Gampang Lelah

Hal ini karena organ tubuh tidak bekerja semestinya, glukosa yang seharusnya menjadi sumber energi, tidak dapat diproses, sehingga timbunan lemak jadi energy, ketika lemak telah menipis, tubuh akan menjadi cepat lelah.

8. Sering Mengalami Infeksi Vagina

Bila kandungan glukosa berlebih, kemungkinan beberapa bagian tubuh mengalami infeksi, salah satunya infeksi vagina

9. Kaki Mati Rasa Jika Ditusuk Jarum

Hal ini karena sistem pembuluh darah rusak, menurunnya fungsi saraf yang menghilangkan rasa sakit pada kaki atau bahkan sering kesemutan. Terlebih lagi bila kaki tidak merasa sakit ketika ditusuk jarum, diusahakan segera check up ke dokter ahli setempat.

10. Luka Sangat Lama Sembuhnya

luka lama sembuh

luka lama sembuh

Hal ini salah satu penyebab dari kerusakan pembuluh darah, dikarenakan penderita diabetes tidak bisa merasakan sakit dan antara mati rasa, sebagian penderita bahkan tidak pernah menyadari akan luka goresan entah dari tercakar kucing atau kesentuh pecahan kaca, luka kecilpun akan menjadi besar dan tidak mengalami pengeringan sehingga amputasi adalah jalan utamanya.

Comments

comments

Be the first to comment on "10 Gejala Penyakit Diabetes Yang Patut Diwaspadai"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe