10 Cara Mengatasi Bau Kaki Yang Harus Anda Ketahui

bau kaki
bau kaki

Anda salah satu yang mengalami bau kaki?

Tentu hal ini adalah hal yang harus anda tangani secara serius sebelum hal-hal memalukan terjadi kepada diri anda. Bau kaki adalah hal yang menakutkan bagi semua orang, terutama orang-orang yang sibuk di luar rumah. Seseorang yang sibuk diluar, atau seseorang yang menghabiskan waktunya bertemu dengan orang-orang baru harus lebih memperhatikan kebersihan tubuh termasuk kaki. Anda tidak bisa menyepelekan bau kaki yang tidak terlalu menyengat, karena lama-lama bau tersebut akan berkembang biak.

Apa penyebab bau kaki?

bau kaki

bau kaki

Bau kaki disebabkan oleh adanya bakteri yang bercampur dengan keringat. Bahkan bakteri akan memakan keringat-keringat pada kaki anda, sehingga kaki anda mengeluarkan bau yang tidak sedap. Adapun beberapa penyebabnya, yaitu menggunakan kaos kaki yang belum benar-benar kering, atau tidak pernah menggunakan kaos kaki, mungkin anda pernah kehujanan sehingga sepatu anda basah? Hal ini mungkin pernah terjadi pada setiap orang. Dan anda harus antisipasi akan semua kejadian tersebut, usahakan menggunakan kaos kaki yang benar-benar kering, kondisi sepatu harus bersih, jika anda menggunakan higheels atau wedges anda dapat menggunakan sabun antibakteri sebelum dan setelah memakai wedges, atau dapat menggunakan stocking.

Cara Menghilangkan Bau Kaki :

1. Gunakan Antiperspirant Khusus Kaki

antiperspirant

antiperspirant

Antiperspirant adalah bahan kosmetik berbentuk krim yang biasa wanita gunakan untuk bagian wajah. Antiperspirant berguna untuk memperkecil pori-pori pada wajah. Nah, lantas mengapa krim ini dapat berguna atasi bau kaki? Antiperspirant ini dapat memblok kelenjar keringat keluar. Sehingga sangat berguna bagi anda yang memiliki banyak aktivitas diluar rumah. Antiperspirant ini dapat anda gunakan sebelum beraktivitas diluar.

 

 

2. Rendam Kaki Dengan Air Campuran Baking Soda

air baking soda

air baking soda

Setelah anda lewati kesibukan dari pagi hingga malam hari, tentu anda mendapatkan tubuh anda yang lelah dan letih, terlebih dengan kaki anda yang bertumpukan oleh bakteri. Jika anda ada waktu, luangkan setengah jam untuk melakukan perawatan kaki sendiri di rumah. Baking soda memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengurangi bakteri sehingga efektif mengurangi aroma tidak sedap yang keluar dari kaki anda. Cara perawatannya pun sangat gampang cukup campur air dengan baking soda dan rendam kaki anda selama setengah jam lalu anda dapat oleskan body lotion pada kaki agar hasilnya maksimal.

 

3. Menggunakan Kaos Kaki Berbahan Katun

kaos kaki katun

kaos kaki katun

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa anda dianjurkan memakai kaos kaki, karena setidaknya kaos kaki berfungsi menyerap keringat, namun jangan sembarang memilih kaos kaki. Anda harus lebih banyak membeli kaos kaki berbahan dasar katun, ya bahan ini memang cukup mahal bila dibandingkan dengan bahan biasa lainnya. Namun sesuai dengan kegunaannya, bahan katun lebih dapat menyerap keringat lebih banyak. Anda tidak usah ragu dengan pilihan ini, karena bila anda lebih sibuk diluar kemungkinan lebih besar keringat yang dikeluarkan.

 

 

4. Gunakan Sabun Jerawat Yang Mengandung 10% Benzoil Peroksida

obat jerawat

obat jerawat

Mengapa dari bau kaki melenceng ke jerawat? Jawabannya sederhana, karena sabun jerawat lebih efektif memerangi bakteri. Anda dapat memesan sabun jerawat yang mengandung 10% benzoil peroksida di apotik-apotik terdekat. Sabun ini bersifat mengobati secara perlahan, karena dapat memberikan oksigen aktif sekaligus memerangi bakteri secara perlahan keringat pada kaki akan menghilang, bakteripun berkurang.

 

5. Gunakan Obat Kumur Mulut

obat kumur untuk mulut

obat kumur untuk mulut

Fungsi dari obat kumur adalah menghilangkan bakteri-bakteri di dalam mulut, meminimalisir terjadinya plak hingga memberikan sensasi segar pada mulut. Dikarenakan bau kaki dominan pada bakteri di daerah kaki, anda dapat merawat kaki anda dengan obat kumur 1x dalam 1 hari. Hal ini dapat menghilangkan bakteri pada kaki. Cukup mudah bukan? Namun bila anda meragukan tips ini, anda dapat mencoba menggunakan kapas yang sudah dibasahi oleh obat kumur lalu bersihkan diarea kaki anda.

6. Gunakan Sabun Anti Bakteri

sabun antibakteri

sabun antibakteri

Di pasaran telah menjual sabun antibakteri mau untuk badan ataupun untuk kaki. Anda dapat membelinya dan mengaplikasikan pada kaki anda 2x dalam sehari untuk hasil yang maksimal. Gunanya memang pada umumnya bau kaki timbul karena terdapat banyak bakteri. Sabun ini dapat mengatasi bakteri yang berkembang biak di area kaki. Pada situasi santai ataupun sibuk, anda tidak boleh lupa untuk mencuci kaki minimal 2x sehari.

7. Rendam Dengan Air Perasan Jeruk Lemon

air perasan jeruk lemon

air perasan jeruk lemon

Jangan salah, selain untuk menghilangkan bekas jerawat ternyata air lemon ini dapat menghilangkan bau pada kaki. Kandungan Vitamin C dan kaya antioksidan dapat melawan radikal bebas, selain itu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Walau rasanya asam, namun tidak membuat kulit kaki kering. Anda dapat menyiapkan baskom yang telah di isi air lalu peras 2-4 buah lemon dan campurkan pada air tersebut. Rendam kaki anda sekitar 15 hingga 25 menit, lakukan perawatan ini selama 2-3 kali sehari.

8. Gunakan Deodorant

deodorant

deodorant

Deodorant pada umumnya bermanfaat mengatasi produksi minyak berlebih pada ketiak dan mengurangi bakteri berlebih sehingga ketika keringatpun ketiak tidak akan mengeluarkan bau tidak sedap. Ternyata hal ini dapat diaplikasikan pada kaki, anda tentu jijik membayangkan deodorant yang biasa digunakan untuk ketiak harus dioleskan pada kaki. Anda dapat beli deodorant khusus untuk kaki saja, karena bila digunakan untuk ketiak dan kaki juga, hal yang dikwatirkan bakteri pada kaki akan pindah ke ketiak. Anda dapat oleskan deodorant khusus untuk kaki saja tapi sebelumnya pastikan kaki anda telah dicuci bersih.

 

9. Taburi Kaki Dengan Kopi Hitam

bubuk kopi hitam

bubuk kopi hitam

Banyak orang menyarankan untuk menaburi sepatu yang biasa digunakan ketika olahraga contohnya sepatu futsal hal ini berguna untuk menghilangkan bau sepatu yang tidak sedap. Anda dapat lakukan hal yang sama pada kaki anda, caranya dapat langsung taburi kaki anda dengan kopi hitam, jangan sampai selah-selah jari terlewat. Lalu diamkan selama 15-20 menit. Masa penyembuhan dengan kopi pun tidak bisa dipastikan, karena tingkat bakteri dan keringat seseorang berbeda-beda tergantung pada hormon orang itu sendiri.

10. Perhatikan Kondisi Kuku Kaki

memotong kuku kaki

memotong kuku kaki

Kuku panjang tentu menjadi sumber kotoran yang memudahkan bakteri berkembang biak. Saat mau memotong kuku, kotoranpun ikut terjatuh, agar tidak mengeluarkan bau tidak sedap ada baiknya anda memotong kuku jangan terlalu dalam, takutnya terkena pada daging kuku. Dan setelah menggunting kuku, lebih baik cepat cuci tangan terutama untuk anak anda, lebih baik ajarkan kebersihan sejak dini.

Comments

comments

Be the first to comment on "10 Cara Mengatasi Bau Kaki Yang Harus Anda Ketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Share Ilmu Ke Teman-teman Yuk
Di Like Yaaa...
Social PopUP by SumoMe